NEWS

Penggerak Nusantara Beraksi di 4 Sekolah
Thu, Oct 20th 2016, 11:11
Penggerak Nusantara Beraksi di 4 Sekolah
Jakarta, 19 Oktober 2016 – Setelah mengikuti pelatihan, para penggerak siap mengedukasi adik-adik yang duduk di bangku SMP untuk menjadi peer educator bagi teman sebayanya. Penggerak Nusantara mendapat kesempatan memberi edukasi berupa pelatihan ke 4 sekolah, di antaranya SMP 156 dan SMP 123 di Jakarta yang dilaksanakan pada bulan Sepmtember 2016, serta SM Sekolah Alam dan SMP Kosgoro di Bogor yang dilaksanakan pada bulan Oktober 2016.
“Adik-adik, tujuan kami datang ke sini adalah belajar tentang rokok serta dampak yang akan kalian rasakan ketika memutuskan untuk menjadi perokok. Kita ‘gak’ hanya belajar, tapi aka nada permainan juga, yang pastinya seru dan menyenangkan.”, jelas Idhar, salah satu relawan Penggerak Nusantara.


Peserta yang mengikuti pelatihan disebut sebagai Generasi Kreatif, di mana generasi mereka yang merupakan bonus demografi ini adalah generasi yang akan membantu pembangunan di Indonesia, jika dipersiapkan dengan baik. Sebelum dan sesudah pelatihan dimulai, masing-masing peserta diberikan pre dan post test untuk mengetahui pengetahuan yang mereka miliki mengenai tembakau saat sebelum dan sesudah diberikan pelatihan.
“Setelah ikut kegiatan ini, aku jadi ‘tau’ kalau ternyata kandungan di dalam rokok bisa menyebabkan kita mati ya, Kak!”, ungkap salah satu adik di SMP 156.
Antusiasme peserta terlihat saat bermain permainan yang mengandung unsur kandungan rokok serta harga yang harus dibayar jika kita membeli rokok. Materi inti yang diberikan dalam pelatihan ini adalah Kawasan Tanpa Rokok, Harga yang Dibayar sebagai Pengganti Rokok, Iklan Rokok dan Perokok Pengganti, Kandungan Berbahaya dalam Rokok, dan Aktivitas Fisik sebagai Pengganti Aktvitas Merokok.
Di akhir pelatihan, adik-adik di tiap sekolah menuliskan komitmen mereka untuk “Tolak jadi Target’ iklan rokok, yang menjadikan mereka perokok pengganti. Semakin mereka mengetahui dampak dan bahaya rokok sejak dini, diharapkan generasi mereka bisa menjadi generasi yang membangun bangsa Indonesia ke arah yang lebih baik. Tolak jadi target!


Penulis: Hadassah A. T.

Share this: